22 December 2008

Hak Angket Haji: Umung Anwar Sanusi


Pelaksanaan ibadah haji tahun ini ternyata sama dengan ibadah haji tahun-tahun sebelumnya. Beberapa jamaah haji Indonesia bahkan sampai sujud syukur setelah sampai di tanah air, saking bahagianya bisa menuntaskan ibadah haji yang berat karena dukungan fasilitas yang kurang. Jamaah haji yang lain mengeluhkan bahwa jamaah haji Jepang yang membayar biaya haji lebih murah mendapatkan fasilitas yang lebih baik daripada jamaah haji Indonesia yang membayar lebih mahal.

DPR akhirnya menempuh jalur hak angket untuk mempertanyakan masalah ini ke pemerintah. Menteri Agama bahkan menangis di depan jamaah haji di Arab Saudi karena merasa bersalah atas buruknya pelayanan. Isu utama ibadah haji tahun ini adalah jauhnya pemondokan dari masjidil haram. setelah tahun kemarin isunya adalah jamaah haji yang kelaparan.

Dalam sebuah wawancara di Liputan 6 SCTV, panitia hak angket DPR menjelaskan bahwa harga penawaran Departemen Agama untuk pemondokan sangat murah sehingga kalah dan mendapat pemondokan yang jauh dari masjidil haram. Panitia hak angket DPR yang diundang adalah Umung Anwar Sanusi dari Fraksi PKS.


Setelah coba-coba search di google, hasilnya ada daftar kekayaan Ust. Umung, hasilnya ini dia list kekayaannya :)

Harta Tidak Bergerak
Tanah : Rp. 27.262.500

Harta Bergerak
1 Mobil dan 1 Motor : Rp. 22.000.000
Pertanian, Peternakan, dll : -
Batu dan Logam Mulia : -
Surat Berharga : -
Giro dan Kas Setara lain : Rp. 24.349.464
Total Kekayaan : Rp. 73.611.964

Sumber Penghasilan (Selain Gaji Sebagai Anggota Legislatif)
Gaji bulanan STIK Bina Putra Banjar : Rp. 420.000
Tunjangan Lain : Rp. 1.100.000


~Surat Berharga tidak ada
~Seharusnya dalam kurikulum pengajian dimasukkan materi investasi syariah kali ya :)
~Mengajarkan tentang kehidupan sederhana

No comments: