27 November 2008

Picasso dan Van Gogh

Picasso dan Van Gogh adalah maetro lukisan dunia, masing-masing dari mereka menghasilkan lukisan berharga jutaan dollar, seperti lukisan diri Van Gogh di bawah ini yang dijual US $90 juta. Sedangkan salah satu lukisan Pablo Picasso terakhir dibeli seharga US $ 80 juta pada tahun 1989.



Kedua pelukis tersebut merupakan maestro pelukis pada zamannya. Namun, ternyata keduanya menjalani kehidupan yang amat berbeda, Pablo Picasso hidup dalam kekayaan dan ketenaran, sementara Van Gogh hidup dalam kemiskinan dan penderitaan.

Van Gogh hidup sebagai seniman yang miskin dan harus menjual murah lukisannya untuk makan, selain itu Van Gogh hidup sendiri dan tidak menikah karena tidak ada wanita yang mau menikah dengan seniman miskin. Bahkan, Van Gogh sampai mengiris kupingnya sendiri untuk menyatakan cintanya kepada seorang wanita dengan harapan si wanita akhirnya kasihan dan mau menikah dengannya, namun yang terjadi si wanita malah ketakutan dan menjauh dari Van Gogh. Van Gogh sendiri tetap menderita sampai akhir hayatnya.

Sementara Pablo Picasso hidup dalam kemewahan, hadir dalam pesta-pesta bangsawan dan menjual lukisannya ke kalangan atas dengan harga mahal. Penjualan karya seni dengan harga mahal inilah yang akhirnya membuat Pablo Picasso hidup mewah dan jauh dari kehidupan seniman seperti Van Gogh.



Lalu apa yang membuat kedua seniman yang memiliki bakat luar biasa tersebut berbeda dalam menjalani kehidupan sebagai seniman. Kemampuan menjual adalah yang membedakan keduanya, Pablo Picasso selalu mengadakan pesta jamuan besar yang dihadiri pejabat, artis dan bangsawan untuk menjual lukisannya, sedangkan Van Gogh menjual lukisannya dengan cara yang biasa.

Pertama, The Market, Pablo Picasso akan mengundang para pejabat dan Bangsawan untuk hadir ke pesta penjualan lukisannya, kepada para bangsawan dan pejabat, Pablo Picasso bilang bahwa banyak artis akan datang ke pestanya, dengan harapan akan bertemu dengan artis maka si pejabat akan hadir. Kepada artis Pablo Picasso bilang bahwa bangsawan dan orang-orang kaya akan hadir, sehingga si artis juga akan datang agar bisa bertemu dengan pejabat dan orang-orang kaya.

Kedua, Endorsement, dalam pesta tersebut setiap orang yang hadir diminta untuk menilai dan memberikan harga pada lukisan Pablo Picasso, karena dalam suasanan pesta dengan orang-orang besar maka pejabat dan artis yang hadir akan memberikan harga yang mahal pada lukisannya.

Source:
Paintings of Picasso and Van Gogh
Marketing Revolution by Tung DW
Setelah semua lukisan diberikan penilaian dan harga, lalu lukisan tersebut dilelang dalam pesta tersebut.

No comments: