06 August 2008

Puyer No. 16 dan Gratis Bicara Jam 8

KPU sudah mengeluarkan nomor urut partai politik yang akan berlaga di PEMILU 2009 yang akan datang. Semua partai berubah nomor urutnya, tidak ada satupun yang bertahan dengan nomor urut ketika PEMILU 2004 yang lalu. Jika kita masih ingat dengan PEMILU 2004 yang lalu, nomor urut yang menciptakan berita adalah nomor urut partai Demokrat yaitu 9, nomor ini sama dengan tanggal lahir SBY dan kelahiran partai Demokrat. Terlebih di tradisi Asia Timur, khususnya di China, nomor 9 adalah angka keberuntungan.



Nomor lain yang menjadi berita adalah No.16, bukan karena tradisi atau tanggal lahir, tapi nomor ini menjadi berita karena kreativitas parpol dengan nomor 16 dalam mengaitkannya dengan iklan produk jamu yang populer di masyarakat. Maka PKS no.16 obat sakit kepala menjadi jargon yang cukup unik. Salah satunya adalah 'Obat Sakit Negara No.16', secara memang Puyer No.16 dari Bintang Toedjoe memang obat sakit kepala.

Memang tidak pernah ada penyampaian ataupun penelitian, apakah hal ini menguntungan Bintang Toedjoe dalam hal penjualan atau tidak. Namun, setidaknya kedua belah pihak melakukan semacam marketing bersama. Otomatis ketika masyarakat melihat logo PKS No.16, maka mereka teringat PKS dan Puyer No.16 Bintang Toedjoe.

Lalu sekitar awal agustus, XL meluncurkan Gratis Bicara jam 8 malam sampai jam 8 pagi. Pertanyaannya, jangan-jangan XL mau ngikutin Bintang Todjoe? kenapa nggak jam 8.30 malam sampai 8.30 pagi? :P, kalau melihat periode promosinya, memang XL tidak mencantumkan masa berakhirnya promosi dan beberapa situs simpatisan PKS sudah mulai mengutak-atik logo XL Gratis Bicara ini.



Jadi, apakah akan ada jargon dan fenomena marketing bersama kembali di 2009 nanti, Let's see :)

No comments: