15 May 2008

Apa itu SMS per Karakter Esia

1. Apa yang dimaksud dengan SMS per karakter..?

Bakrie Telecom saat ini merupakan Satu-satunya Operator Telekomunikasi yang PERTAMA di DUNIA meluncurkan tariff SMS berdasarkan per karakter dan bukan per pengiriman. Artinya, pelanggan hanya cukup membayar tariff SMS berdasarkan berapa jumlah huruf yang diketik dan dikirimkan ke B Number.

2. Berapa Tarifnya...?

Untuk SMS Tujuan ON Net & Off net : Rp.1.,-
Untuk SMS Tujuan International : Rp.1,000 / SMS (belum termasuk PPN 10%)
Tarif dihitung berdasarkan per karakter ( kecuali SMS internasional & SMS premium)

3. Tarif sms ini hanya untuk esia saja, atau berlaku juga untuk wifone dan wimode?

Tarif SMS per characters ini berlaku untuk seluruh product Bakrie telecom (esia , Wifone , Wimode, Esia tel) baik postpaid maupun prepaid

4. Karakter itu apa sih?

Yang dimaksud dengan karakter adalah segala sesuatu yang kita ketik dalam sms, berupa huruf, angka, spasi, koma, titik, atau tanda baca dan simbol lainnya.

5. Tanda smiley : ) itu dihitungnya berapa karakter?

Tanda/ icon smiley akan dihitung sebagai 2 karakter, karena terdiri dari tanda “titik dua” dan “Tutup kurung”

6. Spasi itu termasuk karakter juga? Kalau tanda koma atau titik harganya berapa?

Iya spasi termasuk dalam jenis karakter, termasuk simbol2 yang lainnya seperti tanda koma, tanda seru, tanda titik.. dll

7. Rp 1 udah termasuk pajak?

Tarif yang dikenakan belum termsuk pajak

8. Kalau pulsanya tinggal Rp 2, bisa untuk sms?

Tergantung pada karakter yang ditulis serta kemana sms nya akan dikirim, Misalnya pelanggan hanya mengetikkan kata OK ini berarti mengkonsumsi sebanyak 2 karakter. Kalau dikirim ke tujuan On Net & Off Net Masih Bisa, tapi kalau kirimkan ke tujuan International : Tidak bisa, karena Sisa pulsanya tidak mencukupi.

9. Kalau pulsa tinggal Rp 25, bisa untuk ngetik berapa banyak?

Kalau pulsa tingga tinggal Rp. 25 idealnya bisa untuk mengetik sebanyak 25 Karakter, akan tetapi kembali lagi bahwa SMS itu akan dikirimkan ke mana, apakah ke On net&Off Net atau International.

10. Jadi kalau ngetiknya kepanjangan messagenya gak terkirim atau terkirim tapi cuma sebagian aja isinya?

Kalau karakternya terlalu panjang sedangkan sisa pulsa tidak mencukupi, maka SMS yang dikirim tidak berhasil, sehingga B Number (penerima) tidak akan mendapatkan isi sms yang kita kirim

11. Apa ada pemberitahuan bahwa sms nya tidak terkirim karena pulsanya kurang?

Saat ini belum ada pemberitahuan seperti yang dimaksud

12. Saya pakai hp esia, dan dapat free bonus 1500 sms. Jadi ngitungnya gimana ya? Bisa tau gak saya masih ada sisa bonus sms berapa banyak? Dan sisa bonus ini dihitung dalam rupiah atau dalam karakter?

Hape esia Bundling (yang memberikan bonus free 1500 sms on net) akan dirubah menjadi Free 240.000 karakter. Perhitungannya adalah 1sms idealnya adalah 160 karakter, sehingga apabila kita mempunyai 1500 sms maka 1500 SMS X 160 karakter = 240.000 karakter.

Untuk mengetahui sisa bonus sms yang dipunyai, maka cara yang dilakukan adalah seperti pelanggan melakukan cek saldo balance bisa melalui *555 (call), atau SMS Talktime ke 555

Sisa bonus untuk Hape bundling selalu dalam bentuk karakter.

13. Saya pakai hp LG bundling dengan esia dan dapat gratis sms 6 bulan. Bonusnya tetap berlaku gak? Berapa banyak karakter yang boleh dikirimkan?

Seluruh pelanggan yang mempunyai bonus SMS, dan bila melakukan pengiriman sms, maka akan dipotong pada bonus sms tersebut terlebih dahulu. Akan tetapi ini juga bergantung pada jenis bonus sms yang dimilikinya. Apakah hanya untuk tujuan On Net, off Net (atau dua duanya). Berapa banyak karakter yang dikrimkan tergantung pada berapa jumlah bonus SMS yang diterima dan kemana tujuan SMS tersebut dikirimkan.

14. Kalau pakai gogo lagi ada diluar kota, tarifnya sama juga?

Iya dimanapun berada,tariff SMS based on karakter ini akan berlaku sama

15. Kalau mau subscribe nada sambung, tarifnya per karakter juga?

Tidak tarif per karakter ini hanya berlaku ke P2P saja (person to Person)

16. Kalau langganan sportesia di 888, tarifnya berapa?

Tariff mengikuti ke pada shortcode yang dimaksud

17. Kalau saya ikutan kuis, tarifnya per karakter juga?

Kalau ikutan kuis biasanya menggunakan special shortcode/ADN, dan tentu saja tariffnya juga mengikuti shortcode yang dimaksud

18. Kalau ngirim sms ke banyak orang dengan message yang sama, penghitungannya gimana?

Tetap sama dihitung per karakter. Misalnya jumlah karakter yang di tulis adalah 10 karakter. Sedangkan pengirimannya kepada 5 orang. ( 3 tujuan On Net, 1 Tujuan Off Net, dan 1 Tujuan International)

Maka Tarif yang dikenakan adalah :

(10 karakter X Rp.1 X 3 Tujuan On Net) + (10 Karakter X Rp.1 X 1 Tujuan Off Net) + (10 Karakter X Rp.10 X 1 Tujuan International)

Sehingga total tariffnya adalah : Rp.30 + Rp.10 + Rp.100 = Rp.140

19. Kalau misalnya saya mempunyai bonus sms on net sebanyak 10 karakter dan sisa talktime saya adalah Rp.1.000,- kemudian saya mengirimkan sms On Net sebanyak 50 Karakter, bagaimana perhitungan tariffnya..?

Dikarenakan masih mempunyai sisa bonus sms on net maka yang akan di ambil terlebih dahulu adalah dari bonus sms baru kemudian ke Sisa saldo talktime nya.

Perhitungannya adalah sebagai berikut:

Total SMS karakter yg dikirimkan : 50 Karakter
Saldo SMS Bonus : 10 Karakter
Saldo Talktime : Rp.1.000,-

Sehingga setelah megirimkan SMS On Net ketika pelanggan cek Saldo Talktime, adalah sbb:

Total SMS karakter yg dikirimkan : 50 Karakter
Saldo SMS Bonus : -
Sisa Saldo Talktime : Rp.960,-

Keterangan : 50 karakter à 10 karakter diambil dari SMS bonus, dan yang 40 Karakter diambil dari Saldo Talktime. (40 karakter X Rp.1 = Rp.40). sehingga Rp.1.000,- dikurnagi Rp.40 Sisa Talktime menjadi Rp.960,-.

20. Kalau dalam masa tenggang bisa kirim sms ga?

Nggak Bisa

21. Sms nonstop masih ada gak? Penghitungannya gimana?

Kalau pelanggan subscribe SMS Nonstop, maka tariffnya adalah mengikuti tariff pada sms nonstop tersebut. Atau selama mengirimkannya ke sesama On Net maka akan gratis selama masa berlangganan sms nonstop tersebut.

22. Sms nonstop bisa ngirim ke operator lain gak? Kalau sekarang kan hanya berlaku untuk sesama esia aja.

Sampai sekarang sms ke Operator lain masih kita tutup.

23. Saya mendapat bonus talktime dari program untung esia karena saya di telpon GSM. Semenit kan saya dapat Rp 50. Apakah bonus itu bisa dipakai untuk sms ini?

Bonus tersebut (seluruh bonus dari profram laucky project) seluruhnya akan ditambahkan ke Master Acount / Pulsa utama. Dikarenakan ditambahkan ke master account, maka bisa untuk melakukan seluruh panggilan atau sms atau akses internet

24. Apakah ada kenaikan tariff SMS onnet ?

TIdak, Tariff Onnet akan tetap maksimum Rp. 55, tapi jika pelanggan mengirim SMS <50 karakter, maka tariff SMS nya akan berdasarkan jumlah karakter yang terkirim.

25. Kalau kirim picture message tarifnya gimana?

Sesuai banyaknya byte yang terdapat pada Picture Message tersebut

4 comments:

Anonymous said...

Bisa lebih murah jadinya ya kirim SMS kalau kita mau mengirim sms dengan sedikit karakter,...he...

Tapi hati2 bro, untuk jaman sekarang yang udah menerapkan long SMS, seharusnya hanya bayar 100/sms bisa2 tekor bayarnya > 200/sms ....bahaya nih

Zidni said...

Karakter kosong dieliminir kok.
jadi jika setelah huruf terakhir ada spasi.
maka akan dihapus :D

Fiza Fauza Hasibuan said...

1. beda sms onnet dan offnet itu apa sich
2. kenapa ketika aq kirim sms talktime aq berkurang, padahal aq punya sms onnet 4027 karakter

terimakasih

adler said...

saya punya sisa pulsa ESIA 40 rb, mau saya bagi2 ke saudara sesama esia.....gimana cara mengirim pulsa ke sesama Esia.....terimakasih