23 July 2008

Marketing Revolution ala PKS


Pagi ini blog ini mau ngomongin PKS,

Hari ini akan ada talk show Marketing Revolution (buku Marketing dari Pak Tung DW) di Grand Indonesia yang diadakan oleh Gramedia. Sekilas yang lalu saya pernah membaca bab pertama dari buku Marketing Revolution ini di salah satu sample yang dibagikan Pak Tung DW. Salah satu praktek Revolusi Pemasaran yang dicontohkan penulis buku ini adalah ketika promosi buku Marketing Revolution ini.

Pak Tung DW membagikan uang dari atas pesawat dan mengemasnya menjadi acara hujan duit. Teknik pemasaran ini sangat sukses karena diliput oleh media dalam dan luar negeri dan menjadi headline beberapa surat kabar nasional. Al hasil, bukunya meraih rekor MURI sebagai buku dengan penjualan tertinggi tercepat.

Lalu, apa hubungannya dengan PKS?, jawabannya adalah headline beberapa surat kabar nasional hari ini, Koran Tempo menulis headline 'Megawati Tantang Presiden PKS', begitu juga dengan Media Televisi dengan berita Utama pernyataan yang kurang lebih sama.

Presiden PKS beberapa waktu yang lalu menyatakan Indonesia butuh pemimpin muda, pemimpin dengan usia di bawah 50 tahun. Akhirnya, keesokan harinya Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri menanggapi pernyataan tersebut. dan akhirnya jadi headline berita hari ini.

Ketika Presiden PKS menampilkan wacana tersebut, yang tampil di berita adalah hanya PKS, dan keesokannya PKS muncul lagi, bukan karena pernyataan mereka, tetapi karena pernyataan partai lain. Inilah Marketing Revolution, anda tidak melakukan apa-apa tetapi orang terus membicarakan anda.

Jadi, apakah setelah PKS akan ada teknik-teknik marketing lain dari partai politik? kita tunggu saja, semakin baik mereka berpromosi, maka semakin simpati rakyat dibuatnya.

Asal jangan minta yang baju putih aja, seperti anggota DPR yang itu tuh.... :)

No comments: