03 June 2008

Business vs Open Source di CSUI01

Hari ini terjadi pertarungan konsep di civitas akademika CSUI 01, bos Adzan menulis tentang seminar dan business expose Internetnya di blog AdzanWahyu.com. Pengumuman business opportunity dan seminar itu membahas tentang wireless internet dengan konsep rtrw.net. Salah satuya adalah pembagian ebook secara cuma-cuma kepada peserta seminar, namun sebagai strategi marketing disebutkan perceive value nya adalah 1 juta rupiah.

Rupanya tulisan itu mengundang kritik dari sudara Aldi tentang bahwa pendidikan seperti layaknya perangkat lunak seharusnya gratis dan dapat dinikmati semua orang, tulisannya dimuat di blog pribadi di kriwil.com.

Selanjutnya, saya jadi teringat akan dua kutub antara Bill Gates dan Steve Job di kubu Software as Business dan Richard M Stallman dengan GNUnya. CSUI01 memang sebuah dunia mini dengan beragam karakter dan peran individu di dalamnya. Namun meski berbeda, kita tetaplah anak muda yang pernah belajar bersama di Depok. :D



NB:
CSUI01 adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI angkatan 2001
ciri-ciri yang mudah terlihat adalah login name dan alamat email pribadi biasanya diakhiri dengan 101 :P

2 comments:

Adzan W. Jatmiko said...

Pak, itu bukan e-book sembarangan. Kami menghabiskan riset satu tahun lebih untuk e-book itu. Cost-nya sangat besar di peralatan yang digunakan untuk riset dan komparasi. Puluhan juta. Hingga akhirnya kami temukan formula terbaik..

Belum lagi ongkos tenaga kerja karyawan-karyawan kami yang me-riset dan sebagainya.

Kami menghabiskan puluhan juta, dan kami berikan e-book secara GRATIS yang SENILAI 1Juta itu..

Mungkin sangat bagus sekali jika saudara kriwil bisa mengganti total biaya riset kami, sehingga kami bisa berikan e-book (lagi2) secara GRATIS yang senilai GRATIS (bukan 1 juta lagi) itu hehehe..

ditunggu ya transferannya pak kriwil :)

Adzan W. Jatmiko said...

Sebuah gambaran ketidakdewasaan dari negeri ini..

Saya sendiri tidak terlibat urusan seminar dan e-book. Namun saudara saya Dedy yang terlibat disana..

Sungguh miris, ketika ada saudara kita yang sedang ikhtiar mencari rezeki secara halal, justru saudaranya mencemooh. Malah dengan tulisan "WTF"..

Padahal banyak sekali profesi haram yang layak dicemooh.. tapi kenapa yang halal yang dicemooh? lebih2 saudara sendiri..

Luar biasa..
sungguh berani orang ini..
Mari kita kembalikan segalanya kepada Rabb Yang Maha Kuasa